Jokowi Akan Putuskan Mekanisme Vaksinasi Covid

Jokowi Akan Putuskan Mekanisme Vaksinasi Covid

Pelaku industri merasa nyaman sehingga bisa mengundang masuknya wisatawan, sehingga pemulihan industri pariwisata bisa lebih lebih cepat. Selain itu, dengan semakin luas dan cepat vaksinasi tersebut, herd immunity diharapkan akan lebih cepat terbentuk, sehingga tidak akan ada lagi penularan Covid-19. Jika dibutuhkan oleh pelaku perjalanan, nantinya surat keterangan vaksinasi akan dituangkan dalam sertifikat vaksinasi internasional/Internasional Certificate of Vaccination . Sementara itu, jumlah vaksin corona yang didistribusikan harus menyesuaikan kebutuhan vaksin corona dari tiap-tiap perusahaan. Namun Menkes mengakui hal itu belum last karena masih didiskusikan.

Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan menyambut baik opsi vaksinasi COVID-19 mandiri bagi masyarakat yang ditawarkan Menkes Budi Gunadi Sadikin. Presiden Jokowi telah merespons adanya usulan vaksinasi COVID-19 secara mandiri. Masyarakat bisa mendapatkan vaksin COVID-19 tanpa harus menunggu vaksinasi dari pemerintah. Tertuang dalam pasal 6, setiap perusahaan diwajibkan menyetor information penerima vaksin jalur mandiri.

Dari penelusuran, diketahui pula pesan berantai itu berisi beberapa narasi yang bertentangan dengan ketentuan pemerintah. Program Vaksinasi Gotong Royong merupakan salah satu cara untuk mempercepat penyuntikan vaksin Covid-19 agar Indonesia cepat membentuk kekebalan komunal atau herd immunity di mana 70% penduduk Indonesia sudah disuntik vaksin Covid-19. “Vaksin yang akan digunakan adalah Sinopharm dan Sputnik V. Sementara penyelenggaraan vaksinasi diharapkan akan dilakukan minggu ketiga Mei 2021,” ujar Ketua Kadin Rosan P Roeslani dalam keterangan resmi, Selasa (20/four/2021). Untuk penjadwalan vaksinasi akan dihubungi oleh pihak rumah sakit.

Kita harapkan masyarakat yang ekonominya mampu bisa masuk ke program vaksin mandiri,” ujar Erick dalam webinar Persiapan Infrastruktur Data dan Layanan Vaksinasi Covid-19, Selasa (1/12/2020). Kebijakan pemerintah untuk membuka pengadaan vaksinasi Covid-19 secara gotong royong atau mandiri didesain tidak akan mengganggu vaksinasi program. Dia menjelaskan, dari Kementerian BUMN ditargetkan untuk vaksin mandiri sebanyak seventy five juta orang. Sedangkan untuk vaksin bantuan dari pemerintah angkanya bisa sama atau lebih besar. Berdasarkan information jadwal pengiriman vaksin dari Kemenkes, pada Maret 2021, vaksin yang sampai di Indonesia adalah Sinovac , Covax/Gavi , dan AstraZeneca (150.000 dosis).

Perusahaan yang membeli vaksin tersebut untuk karyawan tidak boleh membayar sepeser pun biaya vaksinasi, pun tidak boleh dipotong dari gajinya. Menteri Kesehatan Budi Gunandi Sadikin resmi membuka vaksinasi virus Corona COVID-19 lewat jalur mandiri. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang terbit Rabu (24/2/2021). Vaksin akan dilakukan ketika kami sudah mendapatkan stok vaksin dari pemerintah.

Dalam keterangan tertulis ini, Penny juga mengatakan bahwa hal-hal yang menjadi perhatian utama BPOM adalah semua komponen utama pembuatan vaksin dendritik ini diimpor dari Amerika Serikat. Ditambahkannya, produk antigen SARS CoV-2 yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan vaksin dendritik ini tidak memenuhi standar farmasi, dan dinyatakan oleh produsennya, Lake Pharma-USA, tidak terjamin sterilitasnya. Antigen tersebut, ujar Penny, penggunaannya hanya untuk riset di laboratorium bukan untuk diberikan kepada manusia. Penny menjelaskan, proses produksi vaksin Nusantara tidak sesuai dengan yang diharapkan. harus hati-hati, teliti dan cermat sehingga tidak terjadi hal-hal buruk dalam pelaksanaannya.

Vaksinasi Mandiri

Berdasarkan hitungannya, jika BUMN dan swasta bersinergi, maka vaksinasi mandiri bisa dilakukan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya yang memerlukan waktu satu tahun. “Bisa selesai dalam delapan sampai sembilan bulan,” tutur Erick. Namun, Erick mengatakan, “Kami pastikan negara akan hadir dalam penentuan harga vaksin ini,” ujarnya. Vaksin bantuan pemerintah yang free of charge diberikan kepada tenaga medis, aparat hukum seperti polisi dan TNI, tenaga pendidik, tokoh masyarakat, dan masyarakat kelas bawah. Sementara vaksin jalur mandiri diberikan kepada publik, atas permintaan langsung dari masyarakat, dengan berbayar. Untuk diketahui, pemerintah menyiapkan dua skema dalam pemberian vaksin Covid-19, yaitu vaksin bantuan pemerintah, dan vaksin mandiri yang ditujukan untuk masyarakat yang mampu membeli.